Oktober 20, 2020

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Dapat Dilakukan di Rumah

Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Dapat Dilakukan di Rumah

Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Dapat Dilakukan di Rumah

Beritaindo-news.com – Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Dapat Dilakukan di Rumah – Ruam kulit sangat tidak nyaman dan akan membuat menderita. Penyebabnya dapat bermacam-macam, dimulai dari pengaruh panas, infeksi, alergi, gangguan sistem kekebalan tubuh, serta efek obat-obatan.

Terdapat cara ampuh mengatasi ruam kulit yang dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Yuk disimak!

Mulailah dengan kompres dingin

Untuk mengurangi rasa sakit dan gatal maka dapat mencoba kompres dingin. Dengan kompres dingin dapat digunakan untuk menekan rasa gatal dan meredakan nyeri tertentu, misalnya pergelangan kaki atau lutut yang terkilir.

Disarankan untuk menaruh kompres dingin pada area yang gatalnya paling mengganggu. Jangan biarkan kompres dingin lebih dari 20 menit pada satu waktu, karena dapat menyebabkan radang dingin atau frostbite.

 Gunakan pelembap kulit

Pada saat kulit iritasi akibat kering bersisik, maka oleskan pelembap untuk membantu mengembalikan tekstur alami kulit. Akan tetapi dalam memilih pelembap atau body lotion, pastikan produk tidak mengandung parfum, pemutih, dan bahan lainnya yang dapat memperparah iritasi kulit. Iritasi pada kulit sering disebabkan karena bahan kimia dari parfum dan produk kecantikan. Terdapat rekomendasi pelembap atau lotion yang berbahan shea butter dan vitamin E. Vitamin E dibutuhkan tubuh untuk kesehatan kulit. Manfaatnya antara lain untuk meregenerasi kulit dan kaya antioksidan. Sehingga dapat mengobati kemerahan, menyamarkan kerutan, serta melembapkan kulit.

Menggunakan krim hidrokortison

Masih terdapat cara lain yang dapat dicoba yaitu memakai krim hidrokortison. Krim hidrokortison berfungsi untuk mengurangi kemerahan, gatal, dan peradangan. Krim hidrokortison dapat meredakan gatal dan ruam yang dipicu oleh sebagian jenis eksem. Akan tetapi, krim hidrokortison tidak boleh dipakai sembarangan, harus sesuai petunjuk dokter. Penggunaan steroid topikal dapat menyebabkan tachyphylaxis yang berarti semakin banyak memakai steroid, tubuh semakin terbiasa dan membutuhkan steroid lebih banyak dengan dosis lebih kuat. Ini hampir sama dengan kecanduan dan bahkan dapat menimbulkan jerawat dan infeksi jamur.

 

Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Dapat Dilakukan di Rumah

 

Coba gunakan soda kue

Ternyata, juga dapat memakai soda kue (baking soda). Soda kue alias natrium bikarbonat dapat digunakan untuk meredakan gatal, ruam, gigitan serangga, dan poison ivy (tanaman yang dapat mengeluarkan minyak dari daunnya dan menyebabkan dermatitis).

Caranya, dengan masukkan 1-2 cangkir soda kue ke dalam wadah berisi air hangat, kemudian rendam bagian tubuh yang ruam selama beberapa saat. Lalu bilas, keringkan, dan pakai pelembap. Juga dapat mencampurnya dengan air dan menjadikannya pasta (bertekstur kental), lalu oleskan ke area yang terkena. Soda kue bersifat anti jamur dan dapat membantu meringankan rasa gatal.

coba pakai oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum adalah salah satu makanan sehat yang terkenal. Bukan hanya untuk dikonsumsi, ternyata oatmealjuga dapat digunakan untuk meredakan ruam kulit. Oatmeal dapat mengatasi gatal dan menenangkan kulit yang meradang.

Oatmeal mengandung antioksidan avenanthramidesyang berfungsi untuk melawan radikal bebas dan mengatasi berbagai penyakit kulit. oatmeal dapat digunakan untuk mengatasi kulit gatal, kering, eksem, poison ivyruam popok, sunburn, rosasea, gigitan nyamuk, psoriasis, dan lainnya.

Caranya, tambahkan 1-2 cangkir ke dalam bak mandi dan campur dengan air hangat. Berendamlah untuk meringankan eksem dan psoriasis. Akan tetapi, jika setelah mandi kulit jadi kemerahan dan gatal, hentikan cara ini.

Coba dengan cuka sari apel

Cuka sari apel tidak hanya mengatasi jerawat, tetapi juga ruam di kulit. Bahan ini bisa mengatasi reaksi alergi, kulit kering, dan kulit gatal. Sifatnya yang antiseptik dan antijamur dapat mengatasi banyak infeksi kulit.

Selain itu, cuka sari apel dapat menyeimbangkan tingkat asam basa kulit dan meningkatkan kelembapan. Cuka sari apel dapat mengembalikan tingkat pH alami kulit pada penderita eksem. Cara penggunaannya yaitu dengan menambahkan 2 cangkir cuka sari apel ke air hangat, kemudian berendamlah selama 15 menit. Bilas dengan air dingin setelahnya. Akhiri dengan memakai pelembap bebas pewangi.

Lidah Buaya

Gel lidah buaya sangat dianjurkan untuk mengobati ruam kulit karena memiliki kemampuan penyembuhan dan sifat anti-inflamasi. Gel ini juga memiliki sifatantimikroba, yang dapat membantu mencegah terulangnya infeksi

Madu Manuka 

Madu manuka cukup populer dengan sifat anti-inflamasi dan kemampuan penyembuhannya yang kuat. Madu ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain itu, madu manuka juga memiliki sifat pH-balancing yang dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit yang terkena ruam

 

Baca Juga :