Januari 21, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Jenis Barongsai Dengan Warna Dan Makna Masing Masing

Jenis Barongsai Dengan Warna Dan Makna Masing Masing

Jenis Barongsai Dengan Warna Dan Makna Masing Masing

Beritaindo-news Barongsai akan menjadi primadona jelang tahun baru Imlek 2021 namun tak banyak yang tahu tentang makna warna barongsai dan jenisnya. Makna warna barongsai dan jenisnya ternyata beraneka ragam dan akan kita bahas dalam artikel spesial Imlek 2020 ini.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang makna warna barongsai dan jenisnya dalam Imlek 2020, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Seperti yang diketahui, barongsai memiliki dua jenis tarian yaitu tarian singa dan naga. Boneka berbentuk singa dengan tubuh bersisik layaknya naga biasanya dimainkan oleh dua orang dan diikuti aksi akrobatik. Sedangkan untuk tarian naga yang lebih panjang biasanya dimainkan sekelompok ornag yang memegang tongkat untuk mengangkat sang naga agar berliuk-liuk.

Nama barongsai sendiri merupakan cerminan akulturasi Tiongkok di Indonesia. ‘Barong’ berasal dari kesenian boneka Bali yang dimainkan oleh manusia di dalamnya. Sementara ‘Sai’ dalam bahasa Hokkian berarti singa.

Jenis Barongsai Dengan Warna Dan Makna Masing Masing

Ternyata tak barongsai dibagi tak hanya dari dua jenis tarian dan bentuknya, tetapi juga warna yang bermacam-macam.

Warna Putih sebagai logam (barat)

Barongsai yang berwarna putih biasanya melambangkan umur yang paling tua. Tak hanya itu, warna putih pada barongsai juga sebagai lambang dari kesucian.

Warna Merah sebagai api (selatan)

Barongsai warna merah adalah yang paling umum dijumpai pada saat perayaan imlek.

Baca Juga : Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Imlek Berlangsung

Warna Hijau sebagai kayu (timur)

Barongsai warna hijau sebagai lambang sebuah pertemanan. Barongsai ini jarang digunakan pada saat perayaan imlek.

Warna Emas

Barongsai warna emas melambangkan kegembiraan. Selain warna merah, barongsai warna emas sering digunakan saat perayaan tahun baru  Imlek.

Baca Juga : SportNewsToday

Warna Hitam sebagai air (utara)

Barongsai warna hitam melambangkan usia yang paling kecil dibandingkan barongsai lainnya. Biasanya barongsai warna hitam ditarikan dengan gerakan yang lincah dan bermakna memiliki keingintahuan yang tinggi.

Warna Kuning sebagai bumi (pusat)

Barongsai dengan warna kuning berbeda dari yang berwarna emas, meskipun sama-sama biasa digunakan saat Imlek. Barongsai berwarna kuning berarti memiliki usia lebih muda dari putih (tidak terlalu tua) namun juga tidak terlalu muda. Warna kuning pada barongsai ternyata melambangkan keberuntungan dan ketulusan hati.