Oktober 1, 2020

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Hal Ini Dapat Membantu Kamu Tetap ‘Waras’ selama Menjalani PSBB di Rumah Aja

Hal Ini Dapat Membantu Kamu Tetap 'Waras' selama Menjalani PSBB di Rumah Aja

Hal Ini Dapat Membantu Kamu Tetap 'Waras' selama Menjalani PSBB di Rumah Aja

Beritaindo-news.com – Hal Ini Dapat Membantu Kamu Tetap ‘Waras’ selama Menjalani PSBB di Rumah Aja – Sejak Indonesia pertama kali memberikan informasi kasus Virus Corona COVID-19 pada Tanggal 2 Maret yang lalu, sampai sekarang belum terlihat adanya penurunan angka penularan. Bahkan, angka kenaikannya semakin mengkhawatirkan, sehingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menarik tuas “rem darurat” dengan kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai dari hari Senin, 14 September 2020.

“Pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta akan mulai dilaksanakan pada tanggal 14 September 2020,” Saran dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers secara virtual dari Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada hari Minggu (13/9/2020).

Dengan diberlakukannya kembali PSBB, ini mengharuskan warga untuk membatasi kegiatan yang dilakukan di luar rumah. Sebagian besar karyawan pun akan bekerja dari rumah.

Tidak dapat di hindarkan bahwa aktivitas di rumah saja terkadang tidak mudah, khususnya untuk kesehatan mental. Jadi, apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga diri kita tetap “waras”?

Berikut- berikut hal yang dapat membantu untuk tetap ‘Waras’ selama menjalani PSBB  #diRumahAja:

Tetap menyibukkan diri

Menjaga agar diri agar tetap sibuk adalah salah satu cara untuk coping stres di tengah pandemik. Tetap sibuk akan menyebabkan diri kamu teralihkan dari hal-hal negatif yang kerap muncul saat segala sesuatu terasa membebani, merasa kesepian, atau terisolasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science  tahun 2010 menunjukkan bahwa kita bahagia saat kita sibuk. Studi tersebut menemukan bahwa tidak ada bedanya apakah aktivitas sibuk itu memiliki tujuan atau tidak, selama individu tersebut mempercayainya.

Selama pandemik, kamu bisa menyibukkan diri dengan bekerja dari rumah ataupun dengan mengerjakan hobi. Rajin mengeksplorasi pengetahuan baru juga membantu dalam membuat diri kamu tetap sibuk. Ingat, sibuk yang dimaksud di sini bukan berarti terus-terusan kerja dari pagi sampai larut, ya! Walau kerja dilakukan di rumah, tapi kamu tetap harus tahu waktu. Kesehatanmu jauh lebih penting

Memasak

Kamu hobi memasak tetapi dulu nggak punya waktu untuk melakukannya? Sekarang kamu bisa melakukan sesuka hati karena kamu memiliki banyak waktu di rumah. Coba resep baru yang kamu temukan di internet dan tutorial di Youtube. Kamu bisa berkreasi dengan resep masakan dari negara lain atau yang sedang populer saat ini.

 

Hal Ini Dapat Membantu Kamu Tetap ‘Waras’ selama Menjalani PSBB di Rumah Aja

 

Olahraga

Olahraga juga merupakan salah satu cara dalam manajemen stres yang baik. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan pengaruh olahraga terhadap kesehatan mental.

Sebuah penelitian dalam jurnal Psychiatria Polska tahun 2004 mengemukakan bahwa aktivitas fisik secara signifikan memiliki manfaat pada kesehatan mental, terutama pada kasus terkait kecemasan dan depresi.

Olahraga ritmis, aerobik, dan olahraga yang menggunakan otot besar seperti joging, berenang, bersepeda, dan jalan kaki terbukti memiliki efek besar pada kesehatan mental.

Olahraga juga dapat meningkatkan suhu tubuh, sirkulasi darah di otak, dan berdampak pada sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal dan reaktivitas fisiologis terhadap stres. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan efikasi diri (kemampuan unutk mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan) dan mengurangi disonansi kognitif.

Selama PSBB memang kamu tak bisa lagi olahraga di gym. Namun, olahraga bisa tetap bisa dilakukan di lingkungan rumah, kan? Kamu disarankan untuk berolahraga selama 15-30 menit minimal tiga kali seminggu. Sebisa mungkin, hindari kerumunan ketika berolahraga.

Main game

Dilansir Washington Post pada bulan Maret lalu, terjadi peningkatan pengguna game sebesar 35 persen dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan, banyak di antara kita yang memilih bermain game sebagai aktivitas hiburan selama work from home (WFH) atau di rumah aja.

Main game tak selalu mencerminkan kemalasan, lho. Faktanya, tak cuma bisa bikin kita terhibur, tetapi juga membawa manfaat bagi kesehatan mental kita.

Sebuah studi dalam American Psychologist Journal tahun 2014 menjelaskan tentang manfaat main game. Secara umum, baik game tradisional maupun game lewat konsol atau online dapat membentuk jiwa kompetisi dan kooperatif, meningkatkan emosi positif, dan meningkatkan kapasitas kreativitas.

Selain itu, studi tersebut juga menjelaskan bahwa game saat ini juga sudah menawarkan pengalaman gaming sambil melakukan interaksi sosial.

Biarpun begitu, main game selama di rumah aja tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Meski punya manfaat bagi kesehatan mental, tetapi ada pula sisi negatifnya.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Psychology tahun 2019, game memiliki dampak negatif pada pemainnya seperti mengembangkan strategi coping maladaptif, memunculkan perasaan negatif, harga diri rendah, preferensi untuk menyendiri, dan prestasi sekolah yang buruk. So, be wise, ya!

Tetap terkoneksi dengan teman dan/atau keluarga

Walau di rumah aja, tetapi bukan berarti hubungan sosial terputus secara total. Sebuah penelitian dalam Journal of Health and Social Behavior  tahun 2011 mengemukakan hubungan sosial—baik secara kuantitas maupun kualitas—memengaruhi kesehatan mental, perilaku kesehatan, kesehatan fisik, dan risiko kematian.

Hubungan sosial yang sedikit, jarang, atau bahkan tak pernah dilakukan berkaitan dengan risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung berulang, gangguan autoimun, dan kanker.

Menurut studi dalam American Sociological Review tahun 1996, hubungan yang suportif berhubungan dengan tingkat tekanan psikologis yang rendah.

Oleh karena itu, usahakan untuk tetap terkoneksi dengan teman, pasangan, dan/atau keluarga walau tak bisa bertemu tatap muka. Kamu bisa menanyakan kabar lewat pesan atau sesekali atau secara rutin lakukan panggilan video.

Aktivitas tersebut akan membantu kamu untuk saling berbagi cerita selama pandemik. Tak jarang, lho, saling bertukar cerita bisa membuatmu bersyukur serta saling mendoakan dan mendukung satu sama lain. Dirimu pun akan merasa lebih baik.

Ikut Kelas Olahraga Online

Buat yang biasanya nge-gym di luar pasti sekarang bosan karena nggak bisa nge-gym lagi saat ini. Tetapi sebenarnya kamu bisa lho ikut kelas olahraga secara online. Banyak sasana kebugaran dan health trainer mengadakan kelas online. Kamu bisa ikut kelas olahraga online seperti kelas muaythai, yoga, core training dan lainnya. Jadi kamu tetap sehat dan bugar meski tetap di rumah.

Yuk, patuhi protokol kesehatan yang berlaku, jaga pola hidup tetap sehat, pakai masker kalau harus keluar rumah (juga saat sedang sakit dan berada di dekat orang sakit) serta jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Semoga angka penularan bisa segera turun dan pandemik segera berakhir.

 

Baca Juga :