Desember 2, 2020

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Bahan Herbal Untuk Meningkatkan Imun di Tengah Pandemi Supaya Tidak Mudah Sakit

Bahan Herbal Untuk Meningkatkan Imun di Tengah Pandemi Supaya Tidak Mudah Sakit

Bahan Herbal Untuk Meningkatkan Imun di Tengah Pandemi Supaya Tidak Mudah Sakit

Beritaindo-news.com Bahan Herbal Untuk Meningkatkan Imun di Tengah Pandemi Supaya Tidak Mudah Sakit – Sistem kekebalan tubuh yang baik diperlukan pada saat pandemi virus corona covid-19 seperti sekarang ini. Imunitas yang rendah dapat menyebabkan rentan terpapar virus corona Covid-19. Salah satu di antara cara menjaga imunitas adalah dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam tanaman herbal Nutrisi yang terkandung dalam tanaman herbal tersebut sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh mencegah terinfeksi virus corona covid-19. Virus corona covid-19 akan mudah menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Mengonsumsi tanaman herbal dapat menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan cocok dikonsumsi oleh semua golongan umur, anak-anak sampai dengan lansia.

Berikut adalah tanaman herbal yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh di tengah pandemi virus corona covid-19 :

Jahe Merah

Melihat perkembangan penyebaran virus corona COVID-19 yang belum menunjukkan penurunan, jahe merah dapat menjadi alternatif pilihan sebagai tanaman herbal mencegah terinfeksi virus corona COVID-19. Tanaman jenis rimpang ini seringkali ditemui sebagai campuran minuman tradisional.

Manfaat yang terkandung dalam jahe merah dapat membantu penderita COVID-19 dalam proses pemulihan. Jahe merah mengandung senyawa aktif (gingerol) yang dipercaya dapat melawan respiratory syncytial virus corona, yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Selain itu, mengonsumsi jahe merah mampu meredakan gejala terinfeksi virus corona, seperti batuk. dapat juga merasakan sensasi hangat pada tenggorokan dari kandungan flavonoid.

Ginseng

Tumbuhan herbal yang banyak digunakan oleh masyarakat Tiongkok adalah ginseng. Tumbuhan akar ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Terdapat dua penyusun utama yang membuat ginseng menyehatkan, yaitu ginsenosides dan gintonin.

Kandungan di dalam ginseng secara ampuh memperkuat sistem imun tubuh. Cara kerjanya adalah dengan mempertahankan kemampuan homeostasis serta mengontrol aktivitas sel imun. Dengan begitu, tubuh lebih tahan terhadap serangan berbagai patogen.

Asupan probiotik

Pasti sering mendengar kata probiotik di dalam iklan yoghurt. Probiotik merupakan asupan makanan yang mengandung bakteri baik. Bahan yang satu ini biasanya berhubungan erat dengan kesehatan pencernaan. Dapat menemukannya di dalam yoghurt, tempe, dan makanan fermentasi lainnya.

bukan hanya itu saja, probiotik juga bisa dimanfaatkan sebagai penguat sistem imun. Dikarenakan bahan tersebut dapat meningkatkan produksi sel imun seperti IgA, T limfosit, dan lain sebagainya. Mengonsumsi probiotik dapat mencegah frekuensi dan tingkat keparahan infeksi pernapasan hingga 17 persen. Ini membuktikan bahwa probiotik cocok dikonsumsi di tengah pandemik seperti sekarang ini.

Licorice

Tanaman herbal licorice dikenal dengan rasa manis yang umumnya digunakan sebagai pemanis permen atau minuman. Selain rasanya, campuran air dan licorice sering dimanfaat untuk mengobati gangguan respirasi karena ampuh membebaskan saluran pernapasan dari dahak.

Licorice juga merupakan bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan flavonoid dan vitamin yang tinggi. Rempah licorice dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk, ekstrak cairan, maupun teh.

akan tetapi, untuk penderita hipertensi sebaiknya menghindari rempah ini karena dapat memicu tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak teratur.

 

Bahan Herbal Untuk Meningkatkan Imun di Tengah Pandemi Supaya Tidak Mudah Sakit

 

Madu lebah

Madu lebah juga memiliki kandungan antibiotik untuk menghilangkan virus dan bakteri penyebab flu. Sudah terbukti dari bertahun-tahun lamanya, madu lebah digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit pernapasan. Untuk mendapatkan khasiatnya pada kesehatan tubuh, berikut cara membuat minuman antivirus yang akan membantu meningkatkan pertahanan tubuh kita.

Propolis

Propolis merupakan bahan mirip resin yang digunakan lebah untuk membuat sarang. Itulah kenapa akan mendapatkan asupan ini dari sarang lebah.

Riset mengenai propolis cukup terbatas. Akan tetapi, sampai sekarang ini bahan herbal tersebut dipercaya memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, serta antiperadangan. Terlebih, propolis terbukti dapat memperkuat sistem imun. Propolis juga berperan sebagai immunomodulator atau mengatur fungsi dan aktivitas sistem imun. Propolis secara spesifik dapat untuk mencegah penyakit pernapasan atas.

Temulawak 

Temulawak dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menetralkan racun, dan menghilangkan nyeri. Berkat kandungannya, temulawak juga memiliki sifat antibakteri dan bisa menncegah pelemakan dalam sel-sel hati antioksidan.

Kencur

Kencur sering dijadikan sebagai jamu untuk penambah nafsu makan. Tanaman herbal ini merupakan salah satu bagian dari bumbu dapur, yang mempunyai aroma khas yang menyeruak serta segar. Kencur bukan hanya dipakai sebagai bahan tambahan untuk menciptakan rasa pada masakan, Akan tetapi juga berkhasiat sebagai obat alami atau herbal.

Tanaman herbal ini masuk termasuk dalam keluarga jahe. Jadi kencur sendiri ‘keluarga dekat’ lengkuas, jahe serta kunyit.

Selain bermanfaat untuk menambah nafsu makan yang biasa dijadikan jamu beras kencur, tanaman herbal yang satu ini juga dapat menangkal radikal bebas dan virus.

Hal itu disebabkan karena kencur sendiri mengandung senyawa kimia, seperti minyak atsiri, asam sinamat, mineral, pati dan sebagainya plus antioksidan. Sehingga dengan begitu, tanaman kencur ini sangat berkhasit untuk menambah daya tahan atau kekebalan tubuh.

Selain bahan-bahan herbal, masih terdapat banyak cara lain untuk meningkatkan sistem imun. Di antaranya dengan mengonsumsi buah dan sayur, protein, menyeimbangkan nutrisi, tidur yang cukup, berolahraga, dan menjaga kesehatan mental.

Di tengah pandemik ini, jangan lupa untuk tetap memakai masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan, dan sebisa mungkin tetap di rumah jika tidak ada urusan yang penting. Semoga sehat selalu! ^^

 

Baca Juga :