Desember 2, 2020

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Penyebab Sakit Punggung Ketika Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Punggung Ketika Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Punggung Ketika Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Beritaindo-news.com – Penyebab Sakit Punggung Ketika Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya – Bangun tidur harusnya badan segar dan siap untuk memulai hari. Namun, saat meregangkan badan, eh, malah sakit punggung! Padahal, usia masih mudah. Nyeri yang dirasakan kadang bisa terus berlanjut sehingga mengganggu aktivitasmu.

Apakah kamu sering merasakan nyeri di punggung saat bangun tidur di pagi hari? Bila ya, tentunya ini harus segera diatasi. Namun, pertama-tama kamu harus tahu dulu apa penyebabnya baru menentukan langkah-langkah untuk mengatasinya.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Berolahraga terlalu keras sebelum tidur

Selain untuk membentuk tubuh dan menjaga berat badan tetap ideal, olahraga dapat membantu mencegah nyeri punggung. Namun, kalau olahraga yang dilakukan intensitasnya berat (misalnya latihan beban atau HIIT) pada malam hari, bisa jadi itulah yang menyebabkan nyeri punggung saat terbangun pada pagi hari.

Mempertahankan postur tubuh yang benar selama dan setelah sesi olahraga itu sangat penting. Melakukan pemanasan dan pendinginan yang benar dapat membantu mengurangi risiko nyeri punggung dan otot kaku keesokan harinya.

Untuk nyeri punggung yang berhubungan dengan olahraga, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan kompres hangat maupun dingin ke area yang terasa nyeri. Bila rasa sakitnya tak tertahankan, kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, sebaiknya konsumsi obat ini harus di bawah pengawasan dokter.

Kasur tidak sesuai dengan tubuh

Jika posisi tidur sudah benar tapi masih juga merasakan nyeri punggung saat bangun tidur? Bisa jadi kasurmu adalah biang keroknya.

Kamu diajurkan untuk mengganti kasur setidaknya tiap satu dekade sekali atau kurang dari itu. Tanda-tanda bahwa kasur perlu diganti adalah seperti kendur atau terlihat lekukan di titik tidur, atau sesimpel merasa tak lagi nyaman tidur di atasnya.

Pemilihan kasur pun juga perlu diperhatikan, seperti ukuran dan keempukannya. Namun, seperti apa, sih, kasur yang tepat?

Menurut sebuah laporan berjudul “Effect of firmness of mattress on chronic non-specific low-back pain” dalam jurnal The Lancet tahun 2003, para peneliti di Spanyol menyebut bahwa kasur dengan tingkat keempukan medium direkomendasikan untuk orang-orang yang menderita nyeri punggung bawah kronis.

 

Penyebab Sakit Punggung Ketika Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

 

Posisi tidur yang salah

Baru bangun sudah sakit leher, punggung, atau pinggang? Kemungkinan besar, kamu salah posisi tidur! Kalau sudah kebiasaan, tentu butuh waktu untuk mengubahnya. Namun, jangan menyerah, kamu bisa menerapkan langkah-langkah ini:

  • Untuk yang suka tidur telentang, kamu bisa meletakkan bantal di bawah lutut untuk menyelaraskan tulang belakang dan mengurangi nyeri punggung.
  • Untuk yang suka tidur menyamping ke sisi kanan atau kiri, kamu bisa meletakkan bantal di antara kaki untuk menyelaraskan pinggul dan tulang belakang.
  • Untuk yang suka tidur tengkurap: kamu bisa menaruh bantal di perut bagian bawah untuk mengurangi pembungkukan punggung bagian bawah.

Salah posisi saat bangun tidur

Kasur sudah pas, posisi tidur sudah benar, tapi masih juga sakit punggung saat bangun tidur? Mungkin penyebabnya adalah cara atau posisi bangun kamu yang salah.

Ikuti langkah bangun tidur di bawah ini agar tak lagi nyeri punggung saat beranjak bangun dari tidur.

  • Bergerak secara perlahan ke tepi tempat tidur.
  • Dengan menggunakan lengan untuk pengungkit, duduklah dengan kaki menjuntai dari sisi tempat tidur.
  • Setelah beberapa detik beradaptasi dengan posisi kedua, perlahan-lahan letakkan kaki di lantai dan berdirilah seperti biasa.

Setelah berdiri, barulah kamu bisa melakukan peregangan ekstra untuk “mengumpulkan nyawa”

Kapan harus ke dokter?

Orang yang memiliki keluhan sakit pinggang ketika bangun tidur yang tidak membaik dengan tindakan perawatan diri harus berbicara dengan dokter. Penting untuk mencari perawatan medis dengan cepat untuk rasa sakit parah yang dapat membuat gerakan dan aktivitas sehari-hari menjadi sulit.

Seseorang juga harus mengunjungi dokter sesegera mungkin jika sakit punggung terjadi bersamaan dengan gejala-gejala berikut :

  • Masalah usus atau kantung kemih
  • Kelemahan di lengan atau kaki
  • Sesak nafas

Dokter biasanya akan meninjau riwayat dan gejala medis seseorang dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter terkadang juga akan merekomendasikan tes pencitraan seperti x-ray atau CT scan untuk membantu mengindentifikasikan penyebab sakit punggung ketika bangn tidur.

Itulah penyebab-penyebab nyeri punggung saat bangun tidur di pagi hari berikut dengan cara mengatasinya. Selain dengan cara-cara tadi, pastikan untuk olahraga secara teratur dan terapkan pola makan sehat bergizi seimbang. Tubuh yang segar dan bugar tanpa dilanda sakit punggung saat bangun tidur adalah kunci penting untuk memulai hari dengan penuh semangat. Semoga sakit punggungmu segera teratasi! Jika sudah mencoba cara-cara di atas tapi punggung masih saja sakit atau intensitas nyeri memburuk, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Baca Juga :