Desember 2, 2020

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Bukan Hanya Air Putih, Berikut ini Minuman Sehat Alternatif untuk Hidrasi

Bukan Hanya Air Putih, Berikut ini Minuman Sehat Alternatif untuk Hidrasi

Bukan Hanya Air Putih, Berikut ini Minuman Sehat Alternatif untuk Hidrasi

Beritaindo-news.com – Bukan Hanya Air Putih, Berikut ini Minuman Sehat Alternatif untuk Hidrasi – Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari, kita mesti minum air putih supaya terhindar dari dehidrasi.

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, rekomendasi ideal asupan air putih per hari adalah 2,7 liter untuk perempuan dan 3,7 liter untuk laki-laki.

Namun, siapa, sih yang tak bosan minum air putih terus? Tenang, ada beberapa minuman sehat alternatif yang juga bisa diminum agar kebutuhan cairan kita tetap tercukupi sekaligus menyehatkan tubuh. Berikut ini daftarnya.

 Infused water

Infused water sudah menjadi bagian dari tren hidup sehat di masyarakat. Cara membuatnya pun sangat mudah, membuatnya air putih “naik kelas” dengan mencampurkan potongan buah dan/atau daun segar seperti mint.

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Journal Physiology and Behaviour, orang yang tidak suka minum air putih akan minum lebih banyak air ketika ada tambahan rasa.

Apakah lebih sehat dari air putih biasa?

Sebetulnya, menurut para ahli dan berbagai penelitian, infused water tidak berbeda dengan air putih biasa. Lho, kan ditambahkan buah? Kandungan zat gizi dari potongan buah atau daun ke dalam air bisa dibilang sangat kecil, sehingga bisa diabaikan.

Meski begitu, infused water memang lebih menarik minat untuk seseorang minum lebih banyak air demi memenuhi kecukupan hidrasi tubuh

Air kelapa

Siapa, nih, penggemar minuman pelepas dahaga yang satu ini? Air kelapa banyak digemari karena rasanya yang segar, apalagi bila disajikan dingin! Di balik kesegarannya, air kelapa menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut sebuah penelitian dalam West Indian Medical Journal tahun 2005, air kelapa (dan minuman mauby) memiliki manfaat yang luar biasa dan mampu untuk menurunkan tekanan sistolik dan diastolik. Artinya, khasiat tersebut bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Selain itu, air kelapa diketahui mengandung vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, dan fosfor yang dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral yang diperlukan tubuh. Sebanyak 30 ml air kelapa mengandung 60 mg kalium dan 5,5 mg natrium.

Teh hijau

Teh hijau diyakini dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Namun, khasiatnya lebih dari itu, yang berdampak pada kecantikan maupun mencegah penyakit seperti kanker.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical College Of Georgia, Amerika Serikat, dan diterbitkan di Journal of Pharmacology and Experimental Therapeutics tahun 2003, teh hijau memiliki manfaat dalam mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan bekas luka dari peradangan, bahkan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, kandungan polifenol, enzim dan asam amino yang ada dalam teh hijau, berguna bagi kesehatan tubuh dan dapat mencegah penuaan.

Selain itu, menurut sebuah studi dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research tahun 2015, senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau mampu menargetkan sel-sel abnormal, spesifiknya adalah membunuh sel kanker mulut tanpa merusak sel normal. Setiap gram teh hijau mengandung 30-50 gram EGCG.

Sebagai informasi, waktu terbaik untuk minum teh hijau adalah setelah sarapan. Pasalnya, minum teh dalam kondisi perut kosong dapat merangsang produksi asam lambung.

Bukan Hanya Air Putih, Berikut ini Minuman Sehat Alternatif untuk Hidrasi

Teh jahe

Teh jahe sering diminum untuk menghangatkan tubuh ketika sedang hujan atau cuaca dingin. Salah satu manfaat populernya adalah untuk menghangatkan perut dan mengatasi rasa mual.

Dilansir Bicycling, banyak masyarakat yang meyakini bahwa minum air jahe dicampur perasan lemon bisa secara efektif mengatasi rasa mual dan dapat membantu detoksifikasi tubuh. Selain itu, teh jahe juga sering diandalkan untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Menurut sebuah studi dari Columbia University, Amerika Serikat, yang dimuat dalam jurnal Metabolism tahun 2012, teh jahe dapat membantu meningkatkan atau mempertahankan rasa kenyang. Ini tentunya dapat berdampak baik untuk kamu yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan.

Kamu bisa mengonsumsi teh jahe dengan cara memasukkan irisan jahe dan masak dengan dua gelas air, kemudian biarkan sampai mendidih selama 10-20 menit. Selain perasan lemon, kamu juga bisa menambahkan madu atau jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

Susu rendah lemak

Susu rendah lemak biasanya menjadi alternatif bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, kandungan kolesterolnya juga rendah, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang dengan kolesterol tinggi.

Menurut Dietary Guidelines Americans tahun 2015-2020, orang dewasa disarankan untuk minum susu rendah lemak sebagai bagian dari pola makan sehat. Entah itu susu tanpa lemak (skim) atau susu rendah lemak dengan kadar 1 persen.

Ada pula penelitian dalam Journal Oxidative Medicine yang menemukan bahwa susu rendah lemak dapat memperlambat penuaan pada orang dewasa.

Sebenarnya, entah itu susu rendah lemak atau tidak, utamanya susu memang memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Jadi sesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu, ya!

Kalau bosan dengan air putih atau variasi supaya kamu lebih banyak minum, enam minuman sehat di atas tadi bisa jadi selingan. Supaya manfaatnya optimal, optimalkan dengan pola makan sehat serta jangan diminum secara berlebihan, ya.

Cokelat panas

Cokelat hangat alias hot chocolate terkenal dapat melepaskan hormon yang membuat tubuh terasa nyaman dan menciptakan perasaan bahagia. Namun, siapa sangka minuman ini juga punya beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat mencegah kanker.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, cokelat mengandung antioksidan dengan konsentrasi tinggi. Penelitian yang dilakukan selama 18 bulan tersebut berusaha mencari tahu manfaat minuman tersebut. Ditemukan bahwa cokelat panas dapat membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan melawan radikal bebas dalam tubuh

Baca Juga :