Oktober 20, 2020

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Berikut Ini Penyebab-Penyebab Rambut Menjadi Bercabang

Berikut Ini Penyebab-Penyebab Rambut Menjadi Bercabang

Berikut Ini Penyebab-Penyebab Rambut Menjadi Bercabang

Beritaindo-news.com – Berikut Ini Penyebab-Penyebab Rambut Menjadi Bercabang – Bukan hanya ketombe dan rambut rontok saja yang menjadi permasalahan rambut banyak orang. Melainkan ada satu lagi permasalahan yang kerap dihadapi, yaitu rambut bercabang.  Alhasil, kita terpaksa harus memotong rambut yang telah dibiarkan tumbuh panjang karena keadaannya yang sudah tidak lagi sehat.

Walaupun memotong merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan rambut, tidak jarang rambut yang bercabang masih terus menghantui entah seberapa kalipun kita mencoba mengatasinya.

Produk rambut kimiawi dan warna

Dengan begitu banyak orang menggunakan produk rambut setiap hari, ujung rambut bercabang adalah hal biasa. Misalnya saja pewarnaan rambut atau pelurusan dan pengeritingan, perawatan ini umumnya menggunakan banyak bahan kimia yang dapat menguras dan menghilangkan kelembapan alami rambut, membuatnya kering dan rentan pecah.

Proses kimiawi merusak rambut dari dalam ke luar dan membuat kutikula lebih lemah, membuatnya sangat rawan ujungnya. Baiknya gunakan sistem pencucian dan perawatan yang menutrisi rambut.

Teknik perawatan rambut

Pengeringan rambut, pelurusan, pengeritingan, hingga pewarnaan rambut dapat menyebabkan rambut bercabang.

Cuaca

Rambut terkena kondisi cuaca ekstrim pun akan menyebabkan rambut bercabang.

Menggunakan karet gelang untuk menguncir rambut

Karet gelang dapat merusak rambut karena gesekan bahan tersebut ke sehelai rambut. Ini bisa menjadi salah satu penyebab ujung rambut bercabang kasar. Baiknya gunakan ikat rambut berlapis kain atau spiral.

Keramas berlebihan

Meskipun penting untuk menjaga rambut tetap bersih dan kulit kepala tetap sehat, mencuci rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kehilangan minyak alaminya. Ini menghasilkan pengering, ujung yang lebih kasar.

Sebagai aturan umum, sampo dan kondisioner harus digunakan sebagai satu sistem, yang membuat rambut tidak mudah patah dan bercabang.

Tidak menggunakan kondisioner

Jangan sepelekan penggunaan dan manfaat kondisioner setelah keramas agar rambut bercabang bisa terhindari.

Pengeringan dengan handuk

Bahkan teknik mengeringkan handuk yang sering dilakukan dapat menyebabkan kerusakan rambut. Baiknya setelah mandi, gunakan handuk berserat mikro pada rambut untuk mengeringkan, atau lebih baik lagi, t-shirt bersih!

 

Berikut Ini Penyebab-Penyebab Rambut Menjadi Bercabang

 

Menyisir rambut dalam keadaan basah

Setiap selesai keramas, kita sering secara spontan langsung menyisir rambut yang masih basah. Hentikan kebiasaan ini karena menyisir rambut yang kusut akibat keramas akan membuat rapuh dan mudah patah. Tunggu rambut sampai setengah kering agar bisa disisir. Selain itu, gunakan sisir dengan gigi yang jarang.

Kurangnya nutrisi untuk rambut

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh, rambut juga membutuhkan nutrisi  untuk tetap terjaga kesehatan serta kecantikannya. Rambut yang kekurangan nutrisi akan rusak secara perlahan, dimulai dari kering, kusam, bercabang, dan kemudian patah. Untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, lakukan beberapa tips dibawah ini.

– Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi, seperti bayam, brokoli, kangkung, dan daun papaya.
– Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B, seperti ikan, tiram, sereal, kerang
– Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi, seperti jeruk, buah kiwi, buah sirsak.
– Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E yang tinggi, seperti apel dan alpukat.
– Mengonsumsi protein nabati dari kacan

Kurangnya asupan air putih

Air putih bertugas memberikan kelembapan tidak hanya bagi tubuh tapi juga rambut. Air putih dapat menjaga rambut agar tidak bercabang, mempertahankan kekuatan dengan membuat akar rambut tetap kokoh.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya?

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotongnya. Oleh karena itu, sebaiknya rawat rambut dengan optimal sebagai bentuk pencegahan sebelum muncul cabang pada ujung rambut.

Beberapa cara berikut ini dapat membantu untuk mencegah kerusakan pada ujung rambut :

  • Gunakan serum setiap kali ketika ingin menata rambut menggunakan hairdryer atau catokan.
  • Pakai conditioner setiap keramas, bukan yang menjadi satu dengan shampoo tetapi yang terpisah.
  • Pilih produk perawatan rambut seperti shampoo, conditioner, serta serum dengan kandungan alami yang sesuai dengan masalah rambut.
  • Jangan gunakan alat penata rambut dengan suhu yang terlalu panas.
  • Hindari terlalu sering mewarnai, meluruskan, dan mem-blow rambut.
  • Rutin memotong ujung rambut setidaknya setiap enam minggu sekali.

Rajinlah melakukan perawatan pada rambut supaya dapat mengurangi rambut bercabang serta membuatnya lebih sehat!^^

 

Baca Juga :