Desember 2, 2020

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Cara Mengatasi Jerawat di Lengan yang Membuat Tidak Percaya Diri

Cara Mengatasi Jerawat di Lengan yang Membuat Tidak Percaya Diri

Cara Mengatasi Jerawat di Lengan yang Membuat Tidak Percaya Diri

Beritaindo-news.com – Cara Mengatasi Jerawat di Lengan yang Membuat Tidak Percaya Diri – Bukan hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, termasuk di lengan. Jerawat di lengan, atau jerawat pada umumnya, terjadi ketika pori-pori kulit terbuka sehingga memungkinkan bakteri, kulit mati, atau minyak masuk ke dalamnya.

Tubuh akan melawan zat asing yang masuk ke pori-pori tersebut sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Meski umumnya tidak menimbulkan risiko kesehatan, jerawat di lengan dapat mengganggu penampilan Anda, terutama saat mengenakan pakaian lengan pendek.

Penyebab jerawat di lengan

Jerawat kadang memiliki bagian berwarna putih yang berisi nanah di atasnya. Ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat di lengan, antara lain:

Kebersihan yang buruk

Mandi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak yang menempel di kulit. Akan tetapi, apabila Anda jarang mandi, maka kotoran tersebut akan menumpuk dan menyebabkan timbulnya jerawat di lengan. 

Ketidakseimbangan hormon

Selama masa pubertas, tubuh remaja mengalami banyak perubahan hormon. Terjadinya peningkatan hormon dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak minyak alami yang berkontribusi pada munculnya jerawat.

Penggunaan produk tertentu

Sejumlah produk perawatan kulit dapat menyebabkan jerawat muncul. Produk tersebut bisa menyumbat pori-pori sehingga membuat minyak dan sel kulit mati terjebak di dalamnya.

Pakaian yang ketat

Ketika mengenakan pakaian yang ketat, keringat tak bisa mengalir kemana-mana sehingga membuat pori-pori tersumbat. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di lengan. 

 

Cara Mengatasi Jerawat di Lengan yang Membuat Tidak Percaya Diri

 

Cara mengatasi jerawat di lengan

Seiring waktu, jerawat pada lengan biasanya sembuh sendiri. Jika Anda ingin segera menghilangkannya, ada beberapa cara mengatasi jerawat di lengan yang bisa Anda coba.

Menggunakan krim antijerawat

Anda dapat menggunakan krim antijerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida yang dijual bebas tanpa resep. Akan tetapi, meski bisa membantu menghilangkan jerawat, obat jerawat ini juga bisa membuat kulit menjadi kering.

Menjaga kebersihan lengan

Jagalah kebersihan di area lengan dengan rutin mandi dua kali sehari. Namun, jangan menggosok terlalu keras saat membersihkan lengan karena bisa menyebabkan iritasi dan jerawat tampak meradang.

Hindari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat memicu kulit memproduksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat semakin banyak.

Jangan menyentuh jerawat

Jika menyentuh jerawat, minyak dan bakteri yang ada di tangan dapat berpindah sehingga menyebabkannya semakin meradang.

Jangan memencet jerawat

Memencet jerawat hanya akan meningkatkan iritasi dan menciptakan jaringan parut di kulit yang sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, jangan mencoba memencet atau mengorek jerawat yang Anda miliki.Jika jerawat tak kunjung hilang atau semakin banyak, sebaiknya lakukan perawatan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Baca Juga: