April 11, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Penyebab Mimisan yang Perlu Di Waspadai

Penyebab Mimisan yang Perlu Di Waspadai

Penyebab Mimisan yang Perlu Di Waspadai

Beritaindo-news.com – Penyebab Mimisan yang Perlu Di Waspadai – Jika Anda tiba-tiba mimisan, kondisi ini mungkin akan membuat Anda terkejut dan bingung. Supaya bisa mengatasinya dengan tepat, Anda perlu tahu apa saja penyebab di balik mimisan tersebut.

Mimisan terjadi ketika sel pembuluh darah di dalam hidung Anda mengalami perdarahan. Mimisan, yang dalam istilah medis dikenal dengan epistaksis, umumnya terjadi karena udara yang terlalu dingin atau kering dan kebiasaan mengorek hidung.Selain penyebab umum di atas, ada beberapa kondisi lainnya yang juga bisa menyebabkan Anda tiba-tiba mimisan. Apa saja kondisi tersebut?

Penyebab tiba-tiba mimisan

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan Anda mengalami mimisan secara tiba-tiba.

Terlalu capek dan stress

Umumnya ini terjadi pada mereka dengan pembuluh darah rapuh. Saat mereka stres atau kecapekan, sirkulasi darah bakalan mengalami kenaikan. Akibatnya, tekanan darah jadi ikut naik sehingga rentan mengganggu pembuluh darah.

Pembuluh darah di hidung memang yang paling rapuh, terlebih untuk mereka yang memang punya struktur dinding pembuluh darah lemah yah. Apa yang kemudaian terjadi? Yup, mimisan.

Itulah mengapa pada bebera orang, stres dan kecapekan bisa jadi penyebab mimisan dewasa.

Infeksi saluran pernapasan

Mimisan bisa terjadi ketika Anda mencoba membuang ingus dari hidung karena tersumbat atau infeksi saluran pernapasan. Pendarahan mungkin terjadi saat Anda meniup udara dari hidung dengan terlalu keras.Hembusan dari hidung yang cukup kencang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Beberapa jenis infeksi saluran pernapasan yang bisa membuat Anda mengalami mimisan, yakni pilek atau sinusitis.

Rhinitis alergi

Rhinitis alergi atau hay fever adalah respons alergi terhadap pemicu dari dalam atau luar ruangan, seperti debu, serbuk sari, atau bulu hewan. Rhinitis alergi dapat menyebabkan tiba-tiba mimisan, meskipun ini bukanlah gejala umum.Gejala lain yang umumnya disebabkan oleh kondisi ini, di antaranya pilek, hidung mampet, mata gatal, tekanan sinus, atau bersin.Anda akan lebih berisiko mengalami rhinitis alergi apabila menderita asma, eksim, tinggal atau kerja di wilayah yang rawan penyebab alergi, memiliki ibu yang perokok, dan memiliki anggota keluarga yang mengidap asma atau alergi.

 

Penyebab Mimisan yang Perlu Di Waspadai

 

Infeksi sinus.

Gejala pilek yang berkepanjangan lebih dari 10 hari dapat berkembang menjadi infeksi sinus, yang mana terjadi bila rongga hidung di saluran pernafasan bengkak. Biasanya infeksi sinus ini sembuh dengan sendirinya. Namun untuk kasus yang parah, dokter mungkin akan memberikan antibiotik.

Leukemia

Mimisan juga bisa menjadi adanya gejala penyakit leukimia. Penyebab mimisan pada orang dewasa sulit dihentikan, tetapi tidak begitu berat. Mimisan akan disertai dengan mudah memar dan berdarah. Penderita akan demam, berkeringat di malam hari, nyeri tulang, lemas, pembengkakan kelenjar, dan berat badan turun drastis.

Leukimia adalah kanker sel darah putih. Kondisi saat darah putih menghambat perlawanan infeksi. Sumsum tulang penderita tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah. Bahkan, sel darah merah dan trombosit ini tidak cukup untuk memasok kebutuhan tubuh.

Leukemia dibedakan menjadi acute myeloblastic leukemia (AML), chronic myelocytic leukemia (CML), acute lymphoblastic leukemia (ALL) dan chronic lymphocytic leukemia (CLL). Leukemia kronis jauh lebih berbahaya dan sulit untuk diobati. Ini adalah jenis yang paling umum dari kanker darah.

Udara Kering

Udara kering juga termasuk penyebab mimisan pada orang dewasa paling sering terjadi. Kondisi ini juga akan lebih sering terjadi pada iklim dingin. Terutama ketika ada infeksi saluran pernapasan atas dan ketika suhu serta kelembapan naik turun secara drastis.

Begitu juga dengan perubahan suhu dari lingkungan luar yang dingin. Kemudian di dalam rumah yang hangat dan kering. Kondisi ini akan membuat hidung lebih rentan terhadap perdarahan. Iklim panas juga dapat menyebabkan lapisan hidung kering hingga retak dan berdarah.

 

Nah, itulah beberapa penyebab yang bisa jadi membuat hidung mengalami pendarahan alias mimisan secara tiba-tiba dan berulang-ulang. Yang terpenting, sekecil apapun gejalanya, segera konsultasikan ke dokter ya, karena bisa jadi berbahaya. ^^

 

 

Baca Juga :