Februari 26, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Cara Menghilangkan Mata Lelah Akibat Sibuk Bekerja di Kantor

Cara Menghilangkan Mata Lelah Akibat Sibuk Bekerja di Kantor

Cara Menghilangkan Mata Lelah Akibat Sibuk Bekerja di Kantor

Beritaindo-news.com – Cara Menghilangkan Mata Lelah Akibat Sibuk Bekerja di Kantor – Gejala yang ditimbulkan oleh mata lelah biasanya seperti mata berair, terasa berat, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi, lebih peka terhadap cahaya sampai sakit kepala.

Hal ini disebabkan karena ketegangan atau kelelahan otot-otot di sekitar mata. Jika telah mengalami mata lelah berulang kali, maka keadaan ini akan memengaruhi kemampuan penglihatan.

Oleh Karena itu jika mengalami mata lelah sebaiknya segera ditangani dengan cara berikut;

1. Mereka yang bekerja di depan komputer, berikan jarak yang nyaman antara mata dengan layar monitor, termasuk juga mengatur tingkat kecerahan layar agar tidak mengganggu mata.

2. Pada saat bekerja di depan layar komputer, istirahatkan mata dengan mengalihkan fokus perhatian pada beberapa objek lain.

Coba lakukan istirahat kecil, seperti berjalan-jalan atau mengalihkan pandangan pada objek lain yang jauh selama 20 detik agar mata tidak terlalu tegang.

3. Kompres mata dengan air dingin atau air hangat untuk menyegarkan dan merilekskan otot mata yang lelah.

Sediakan beberapa potong es batu, bungkus dengan handuk tipis, lalu kompreskan terutama bagian bawah mata.

4. Gunakan sendok dingin sebagai media menyegarkan mata lelah. Masukkan sendok bersih ke dalam lemari es selama beberapa saat.

Setelah dingin, letakkan sendok pada mata yang terpejam. Jika suhu sendok sudah kembali ke semula, masukkan lagi ke lemari es dan ulangi proses tadi hingga mata terasa segar.

 

Cara Menghilangkan Mata Lelah Akibat Sibuk Bekerja di Kantor

 

5. Ambil irisan mentimun. Potong mentimun yang sebelumnya telah disimpan di lemari es beberapa saat, lalu tempatkan di kelopak mata yang terpejam selama 15-20 menit.

Kandungannya mampu mengurangi pembengkakan dan menyegarkan mata

6. Kafein dalam teh bisa menenangkan mata lelah, gunakan kantong teh untuk mengompres.

Seduh 2 kantong teh ke dalam rebusan air, setelah mendidih matikan lalu dinginkan untuk mengeluarkan panasnya.

Setelah kantong teh dingin, tempatkan di mata dan buatlah kondisi rileks. Kita juga bisa menggunakan kantong teh dalam kondisi hangat jika suka.

7. Gerak-gerakkan mata lelah untuk merilekskan otot-ototnya. Lakukan sedikit peregangan pada mata dengan cara menggerak-gerakkannya ke atas, ke bawah, ke samping, memutar atau membentuk 4 sudut pada sisi-sisinya.

8. Menggunakan teknik palming untuk mengistirahatkan mata sejenak. Caranya, gosok-gosokkan kedua telapak tangan hingga timbul suhu panas.

Letakkan tangan untuk menutupi kelopak mata agar mata beristirahat. Lakukan cara ini berulang kali hingga mata terasa nyaman.

9. Kendurkan otot mata dengan teknik pijatan di pelipis maupun kelopak mata untuk relaksasi dan meningkatkan sirkulasi. Pijatan ini juga merangsang kelenjar air mata untuk mencegah kekeringan pada mata.

Letakkan jari telunjuk di kedua ujung luar mata. Buat gerakan melingkar keluar dengan sedikit tekanan. Lakukan selama beberapa menit hingga mata terasa rileks.

10. Aplikasikan air mawar atau susu dingin yang juga punya sifat penenang alami dan bagus untuk mengatasi mata lelah.

Rendam bola kapas dengan susu dingin atau air mawar, setelah itu letakkan di kelopak mata dengan posisi terpejam. Biarkan hingga beberapa menit.

 

Itulah beberapa cara menghilangkan mata lelah akibat kesibukan dikantor yang dapat di coba. Selamat Mencoba. ^^

 

 

Baca Juga :