Februari 26, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Berikut Ini Penyebab Nyeri Menstruasi yang Wajib Diketahui

Beritaindo-news.com – Berikut Ini Penyebab Nyeri Menstruasi yang Wajib Diketahui – Nyeri mestruasi atau dismenorhea merupakan nyeri yang kerap kali dirasakan oleh perempuan saat memasuki siklus menstruasi. Nyeri dirasakan pada perut bagian bawah, yang menyebar ke punggung bagian bawah dan tungkai. Rasa nyeri mulai timbul sesaat sebelum atau selama menstruasi.

Rasa nyeri selama menstruasi adalah wajar karena saat menstruasi terjadi peluruhan dinding rahim. Namun, apabila nyeri yang dirasakan sudah sangat hebat dan berlangsung lama perlu diwaspadai. Lalu apa saja penyebab nyeri menstruasi? Berikut ini akan dijelaskan Penyebab nyeri menstruasi yang harus diketahui.

Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup sangat berpengaruh pada nyeri menstruasi. Seorang wanita yang mengalami obesitas akan beresiko tinggi mengalami dismenorhea karena adanya pembuluh darah di organ reproduksi terdesak oleh jaringan lemak berlebih. Mengkonsumsi alkohol juga bisa mempengaruhi hormon estrogen dan menimbulkan gangguan pelvis. Sedangkan asap rokok dapat meningkatkan lamanya dismenorhea.

Riwayat keluarga sering nyeri saat menstruasi

Apabila Ibu atau saudara perempuan kandungmu mengalami dismenorhea, harus waspada. Hasil riset menunjukan bahwa 2 dari 3 perempuan yang menderita dismenore mempunyai riwayat dismenore pada keluarganya. Riwayat keluarga dan genetik sangat berkaitan dengan terjadinya dismenorhea yang berat. Jadi untuk perempuan yang keluarganya positif mengalami dismenorhea harus melakukan upaya pencegahan.

Premenstrual syndrome (PMS)

Premenstrual syndrome merupakan kondisi umum yang disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh yang terjadi satu hingga dua minggu sebelum menstruasi dimulai. Rasa sakit ini biasanya hilang setelah pendarahan dimulai.

 

Berikut Ini Penyebab Nyeri Menstruasi yang Wajib Diketahui

 

Adanya endometriosis

Endometriosis merupakan penyebab paling sering nyeri hebat saat menstruasi. Endometriosis sendiri merupakan salah satu kelainan yang mengganggu organ reproduksi perempuan. Penyakit ini muncul saat jaringan lapisan dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Lapisan endometrium yang berada di luar tidak memiliki jalan untuk darah yang meluruh setiap bulan sehingga lapisan disekitarnya akan meradang dan membengkak hingga menimbulkan nyeri hebat saat menstruasi.

Adanya penyakit radang panggul

Radang panggul merupakan infeksi yang terjadi pada leher rahim, rahim, saluran indung telur, dan indung telur. Bakteri chlamidya dan gonorhea, bisa menjadi penyebab radang panggul. Penyakit ini bisa menular lewat hubungan seksual. Saat seorang perempuan mengalami radang panggul, salah satu gejalanya sering mengalami nyeri menstruasi.

Adanya mioma uteri

Mioma uteri menjangkit lebih dari 150 ribu perempuan di Indonesia. Mioma uteri adalah pertumbuhan massa di dalam rahim atau di luar rahim yang tidak bersifat ganas. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun mioma uteri sering dikaitkan dengan hormon estrogen. Biasanya mioma uteri muncul pada perempuan berusia sekitar 16-50 tahun, saat kadar estrogen sedang tinggi-tingginya.

Apa pun penyebab nyeri menstruasi, segera periksakan diri ke dokter jika gejalanya terasa tidak normal. Terlebih, banyak penyakit pemicu nyeri haid abnormal dapat menyebabkan Anda tidak subur dan sulit hamil di kemudian hari.

Stenosis serviks

Stenosis serviks merupakan kondisi langka di mana serviks menjadi sangat kecil atau sempit sehingga memperlambat aliran menstruasi. Kondisi ini menyebabkan peningkatan tekanan di dalam rahim yang menyebabkan rasa sakit yang sangat hebat.

Berikut masalah haid yang tidak boleh diabaikan dan perlu segera diperiksakan:

  • Tidak juga haid selama 90 hari
  • Haid tiba-tiba menjadi tidak teratur
  • Siklus haid yang lebih pendek dari 21 hari
  • Siklus haid yang lebih lama dari 35 hari
  • Haid berlangsung selama lebih dari seminggu
  • Aliran darah menjadi sangat banyak dengan aliran yang deras
  • Mengalami perdarahan di antara siklus haid
  • Menstruasi terasa sangat menyakitkan.

Nah itulah beberapa hal penyebab nyeri menstruasi yang harus diketahui. Saat nyeri menstruasi tiba maka pijatan, mandi air hangat, dan minum air hangat bisa menjadi alternatif untuk meredakan nyeri. Apabila kamu sering merasakan nyeri yang hebat saat menstruasi sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter sehingga mengetahui kondisi kesehatan sedini mungkin.

 

 

Baca Juga :