Februari 26, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Berikut ini Gejala-Gejala Penyakit Tifus yang Wajib Diwaspadai

Berikut ini Gejala-Gejala Penyakit Tifus yang Wajib Diwaspadai

Berikut ini Gejala-Gejala Penyakit Tifus yang Wajib Diwaspadai

Beritaindo-news.com – Berikut ini Gejala-Gejala Penyakit Tifus yang Wajib Diwaspadai – Gejala tifus seringkali sulit dibedakan dengan demam biasa bahkan Demam Berdarah Dengue (DBD). Cuaca yang tidak menentu dan tiba-tiba dapat membuat imunitas tubuh terganggu. Keadaan ini akan memudahkan berbagai virus atau bakteri masuk ke tubuh, termasuk tifus.

Gejala tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini juga bisa terdapat pada makanan atau minuman yang terkontaminasi. Setelah itu, bakteri akan masuk ke saluran pencernaan dan bertambah banyak.

Detik-detik gejala bisa muncul setelah 10 hari sampai 2 minggu. Tentunya setelah bakteri penyebab tipes masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa gejala tifus yang sering diabaikan, yang dirangkum beritaindo-news dari berbagai sumber.

Demam

Tanda-tanda tifus yang bisa dibilang paling sering terjadi adalah demam. Tanda-tanda ini merupakan hasil dari proses peradangan dalam tubuh yang dipicu kerja sistem imun saat melawan infeksi bakteri Salmonella Typhii. Demam akibat tifus biasanya akan meningkat secara bertahap setiap harinya, dan bisa mencapai 35° hingga 40º Celsius.

Tubuh Mudah Lemas

Tanda-tanda tifus berikutnya adalah tubuh mudah lemas. Hal ini dikarenakan tanda-tanda tifus yang berupa diare akan membuat tubuh terus membuang banyak cadangan cairan dan elektrolitnya lewat feses serta keringat.

Padahal, cairan elektrolit berfungsi membantu otot supaya bekerja dan berkontraksi dengan baik. Maka tak heran jika tubuh kamu akan terasa lebih lemas, lesu, dan tidak bertenaga.

Gangguan Pencernaan

Tifus merupakan penyakit infeksi yang dapat menyerang pencernaan, terutama usus. Hal inilah yang menyebabkan penderita mengalami sakit perut atau diare. Selain itu, usus yang terinfeksi bakteri tidak mampu mencerna makanan dengan baik, sehingga menghambat proses penyerapan air.

 

Berikut ini Gejala-Gejala Penyakit Tifus yang Wajib Diwaspadai

 

Mual dan muntah

Mual dan muntah menjadi gejala tifus pada orang dewasa sebagai wujud peradangan di dalam sistem pencernaan.

Ketika bakteri penyebab tipes menginfeksi dinding lambung dan usus, sistem imun akan merespon serangan tersebut dengan mengirimkan sinyal ke otak untuk memunculkan rasa mual. Otak kemudian akan memicu organ pencernaan memproduksi lebih banyak cairan yang membuat perut terasa tidak nyaman. Alhasil, Anda merasa mual dan bisa muntah-muntah.

Dengan kata lain, mual dan muntah merupakan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan racun dan bakteri dari dalam sistem pencernaan.

Kurang Nafsu Makan

Salah satu gejala tifus yang paling umum adalah kurang nafsu makan. Gejala ini merupakan bentuk respons tubuh saat imun melawan bakteri penyebab infeksi. Akibatknya, otak melepas zat-zat peradangan yang memberikan sinyal ke sistem saraf pusat untuk memicu pelepasan leptin.

Diare

Gejala tifus juga kerap berdampak pada saluran pencernaan, bisa diare atau konstipasi (sembelit). Perut juga terasa kembung. Jika merasakan gejala ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Sebab, saat gejala tifus kambuh terlalu sering bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius, misalnya pendarahan usus.

Kepala sakit

Satu gejala yang paling sering diderita pasien tifus selain demam adalah sakit kepala. Tak hanya menginfeksi saluran pencernaan, efek Salmonella cukup kuat untuk mempengaruhi neurologimu hingga menciptakan sensasi sakit kepala.

Otot sakit

Otot sakit biasanya menjadi gejala yang dialami bebarengan dengan demam. Penderita akan merasa pegal di seluruh bagian tubuh dan bahkan di persendian. Gejala ini bisa menjadi hasil infeksi atau karena istirahat yang cukup berkepanjangan.

Tifus memang susah dikenali dan dibedakan dengan demam berdarah mengingat gejalanya serupa. Oleh karena itu jika kondisi tubuh sudah langsung tidak enak, maka sebaiknya langsung menemui dokter dan mulai mengistirahatkan diri. 

 

 

Baca Juga :