Februari 26, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Jenis Buah yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak

Jenis Buah yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak

Jenis Buah yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak

Beritaindo-news.com – Jenis Buah yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak – Apakah Anda sering kesulitan untuk tidur? Gangguan tidur seperti kesulitan tidur atau gelisah saat mau tidur adalah kondisi yang umum terjadi. Namun, kondisi ini harus segera diatasi karena akan berdampak pada kondisi tubuh dan aktivitas Anda sehari-hari.

Meskipun makan sebelum tidur menjadi pantangan bagi sebagian orang, ada beberapa makanan justru akan membuat Anda cepat tertidur. Salah satu yang disarankan adalah mengonsumsi buah-buahan. Beberapa buah dinilai dapat membantu kita menghilangkan gangguan tidur. Dan bagusnya lagi, tidak ada efek samping seperti kegemukan yang mengancam ketika kita mengonsumsi buah.

Apa saja buah yang cocok dimakan sebelum tidur? Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis buah yang bantu Anda tidur nyenyak.

JERUK

Aneka buah jeruk kaya akan vitamin C. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan beberapa masalah pada tubuh, salah satunya adalah gangguan tidur. Mendapatkan vitamin C yang cukup dapat membantu tidur lebih nyenyak. Vitamin C juga dapat membantu tubuh untuk menurunkan hormon stres, dan melawan gejala stres seperti insomnia.

ALPUKAT

Jenis buah yang keenam adalah alpukat. Alpukat memiliki nutrisi unik yang dapat meningkatkan kadar serotonin. Senyawa ini merupakan zat kimia yang dapat menyebabkan Anda cepat tertidur. Alpukat juga memiliki kandungan kalium yang bahkan lebih tinggi dari pisang.

Selain itu, alpukat juga kaya akan serat dibandingkan dengan kebanyakan makanan lainnya. Serat sendiri memiliki manfaat penting untuk penurunan berat badan dan kesehatan metabolisme. Buah ini juga mengandung antioksidan, yang semuanya meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia.

BERI

Jenis buah yang keempat adalah buah beri. Buah beri, termasuk blueberry, raspberry, dan blackberry, mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi.

Menurut para ahli di National Sleep Foundation, kandungan antioksidan dapat melindungi anda dari tekanan gangguan tidur, yang dapat menyebabkan oksidasi dalam tubuh.
Mengonsumsi buah yang kaya akan antioksidan sebelum tidur dapat membantu mengurangi stres fisik Anda secara keseluruhan, sehingga memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak.

 

Jenis Buah yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak

 

NANAS

Jenis buah yang kelima adalah nanas. Buah lain yang bisa dinikmati sebelum tidur adalah nanas. Buah ini juga tinggi akan kandungan melatonin.

Peneliti menemukan bahwa setelah mengonsumsi nanas, penanda melatonin dalam tubuh dapat meningkat hingga 266 persen. Ini berarti, dengan mengonsumsi nanas pada malam hari dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

KIWI

Jenis buah yang pertama adalah kiwi. Mungkin kebanyakan orang sudah tahu bahwa buah berwarna hijau yang memiliki rasa manis dan asam ini sering terlihat dijadikan sebagai campuran salad buah.

Namun, tahukah anda jika kiwi juga dipercaya dapat membantu seseorang agar mudah tertidur pada malam hari?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of North Carolina di Chapel Hill, menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi dua buah Kiwi dalam jangka waktu satu jam sebelum tidur dapat mengurangi insomnia sebanyak 30 persen.

CERI

Jus ceri mengandung melatonin yang tinggi, yang mampu membantu utnuk mengatur hormon yang ada di otak Anda.

Satu studi bahkan menunjukkan bahwa minum jus asam ceri dapat meningkatkan kualitas tidur pada seseorang yang menderita insomnia.

Dilakukan di Louisiana State University, penelitian ini menemukan bahwa orang dewasa yang hanya mengonsumsi delapan ons jus ceri dua kali sehari dapat tidur selama 85 menit tambahan.

PISANG

Jenis buah yang kedua adalah pisang. Pisang mengandung kadar kalium dan magnesium yang tinggi. Buah kuning ini juga dinilai sebagai penenang otot alami yang dapat membuat istirahat anda jauh lebih nyaman, terutama saat tidur.

Selain itu, karbohidrat yang ada di dalam pisang dapat meningkatkan rasa kantuk. Jadi, jika merasa sedikit lapar pada malam hari sebelum tidur, Anda bisa mengonsumsi pisang untuk menghilangkan lapar sekaligus meningkatkan rasa kantuk.

Yuk, coba buah-buahan sehat diatas agar tidur menjadi lebih berkualitas.^^

 

 

Baca Juga :