Februari 26, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Hal-hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menikah

Hal-hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menikah

Hal-hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menikah

Beritaindo-news.com – Hal-hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menikah – Saat ingin melangsungkan pernikahan, persiapan yang harus dipikirkan matang-matang bukanlah hanya mengenai biaya resepsi pernikahan. Terdapat hal-hal penting lainnya yang harus kamu dan pasanganmu ketahui sebelum melaju ke jenjang yang lebih serius ini.

Apa saja fakta-fakta menikah yang sebaiknya untuk diketahui? Simak penjelasan artikel di bawah ini, ya.

Rencana Masa Depan

Setiap individu pasti memiliki rencana masing-masing mengenai masa depannya, begitu pula untuk kehidupan berumah tangga mereka. Saat berencana untuk melaju ke hubungan yang lebih serius ini, fakta menikah satu ini sebaiknya sudah kamu dan pasanganmu pikirkan matang-matang. Tujuannya agar ikatan suci ini memiliki pondasi yang kuat, serta kamu dan pasanganmu bisa senantiasa melewati masa-masa sulit yang mungkin akan datang.

Visi Misi Pernikahan

Fakta menikah satu ini merupakan brainstorming untuk kamu dan pasanganmu. Saat membicarakan hal ini, diharapkan kamu dan pasanganmu jadi lebih mengenal satu sama lain, serta mengetahui gambaran dan hal yang ingin dicapai dari pernikahan.

Pengelolaan Finansial

Fakta menikah yang satu ini sepertinya menjadi salah satu poin paling penting dan yang paling dipertimbangkan oleh seluruh pasangan. Sebaiknya kamu dan calonmu bisa saling terbuka tentang kondisi finansial masing-masing, serta tentang cara mengelola keuangan saat nanti hidup berumah tangga. Ini sangat penting untuk mencegah datangnya konflik di kemudian hari, karena tidak sedikit keretakan rumah tangga yang berakar dari masalah finansial.

 Pembagian Tugas Rumah Tangga

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa mencari uang adalah hal yang harus dilakukan oleh laki-laki, sedangkan perempuan mengurus pekerjaan rumah. Fakta menikah satu ini tentu saja tidak salah, kamu dan pasanganmu bebas menentukan tugas dan perannya masing-masing dalam kehidupan berumah tangga kelak. Hanya saja, pastikan semua hal tersebut sudah dibicarakan dan disepakati terlebih dahulu, ya.

 

Hal-hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menikah

 

Mengenal Karakter dan Kebiasaan Masing-Masing

Saat masih berpacaran, pasti ada saja kebiasaan atau hal-hal tentang pasanganmu yang kadang tidak kamu suka. Jika kamu sudah mantap untuk melaju ke jenjang pernikahan bersamanya, sebisa mungkin kamu harus sudah bisa menerima dan mengerti karakter dan kebiasaan masing-masing. Sebab, inilah fakta menikah sesungguhnya, bahwa kamu akan menghabiskan sisa hidupmu bersama orang ini, orang yang kamu pilih sebagai pasangan hidupmu.

Menerima Kekurangan dan Kelebihan Masing-Masing

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika kelebihan pasanganmu menjadi hal yang membuatmu jatuh cinta padanya, maka jangan sampai kekurangannya menjadi pemicu surutnya gelombang cinta di antara kamu dan dia. Justru, kekurangan itulah yang semestinya menjadikan kamu dan pasanganmu makin erat dan saling mengerti satu sama lain.

Menerima Masa Lalu

Setiap orang pasti memiliki masa lalu, begitu pula pasanganmu. Ini adalah fakta menikah yang tak terhindarkan dan mesti kamu terima. Meskipun kamu berhak mengetahui masa lalunya agar tidak bertanya-tanya atau menyesal seumur hidup, namun kamu juga harus tau bahwa terkadang seseorang tak ingin masa lalu yang sudah terkubur lama dibongkar kembali. Hargailah masa lalu masing-masing, karena kamu dan pasanganmu tidak akan hidup di masa lalu, melainkan akan menyambut masa depan yang bahagia dan lebih baik.

 Berkompromi Dengan Keyakinan Masing-Masing

Ini merupakan sebuah fakta menikah yang tak jarang menjadi jurang bagi kamu dan pasanganmu untuk mengikat tali suci pernikahan. Bukan hanya perkara beda keyakinan, bahkan, meskipun memiliki keyakinan yang sama, bisa saja paham atau pandangan kamu dan pasangamu berbeda. Sebaiknya hal ini diketahui dan dibicarakan sedini mungkin agar ditemukan jalan keluar terbaiknya, sehingga tidak akan menjadi bom waktu di kemudian hari.

Saling percaya

Kepercayaan merupakan landasan dari setiap hubungan. Fakta menikah satu ini sebaiknya dijadikan landasan saat hendak membina rumah tangga. Ini akan membantu membuat kehidupan rumah tanggamu lebih tenang dan bahagia. Berusahalah untuk senantiasa jujur dan tidak menyimpan rahasia.

Pernikahan Adalah Penyatuan Dua Keluarga

Fakta menikah satu ini pasti sudah sering kamu dengar sebelumnya, bahwa “kamu bukan hanya menikahi pasanganmu, tapi juga keluarganya”. Hal ini sangat benar adanya, serta merupakan salah satu kunci kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga jika kamu bisa senantiasa rukun dan membina hubungan baik dengan keluarga masing-masing.

Menikah Adalah Komitmen Seumur Hidup

Sebelum menikah, kamu pastinya sudah harus tahu fakta menikah yang satu ini, bahwa kamu dan pasanganmu akan menjadi teman hidup hingga akhir hayat. Oleh karena itu, diharapkan kamu dan pasanganmu memiliki kesiapan yang matang untuk menjalani bahtera pernikahan, dan kelak tahu bagaimana cara mengusir kejenuhan yang bisa saja muncul.

 Setelah menikah tidak ada lagi kamu dan dia. Yang ada adalah kita.

Setelah menikah kamu harus menempatkan pernikahan di atas segalanya. Hal tersebut bukanlah hal yang buruk. kamu harus bertanggung jawab kepada orang lain, yaitu dia. Sebaliknya, dia juga harus bertanggung jawab kepadamu sehingga kalian berdua harus saling menjaga menjadi satu. Tidak ada lagi kamu dan dia, yang ada adalah kita.

Pernikahan akan menjadi indah ketika dijalani secara ikhlas dalam cinta dan saling menghargai serta menguatkan satu sama lain.

 

 

Baca Juga :