Februari 26, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

Beritaindo-news.com – Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami – Setiap orang tentunya memiliki waktu tertentu saat melupakan sesuatu, terutama ketika sedang dalam waktu yang sibuk. Hal ini normal terjadi pada setiap orang, namun ketika memiliki ingatan yang buruk bisa membuat kita menjadi frustasi.

Genetika menjadi salah satu faktor ingatan yang buruk, terutama dalam kondisi neurologis yang serius seperti penyakit Alzheimer. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup ternyata memiliki dampak besar pada daya ingat.

Menurunnya daya ingat dapat berdampak pada demensia di kemudian hari, demensia sendiri merupakan sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental.

Untuk terhindar dan mencegah hal tersebut, berikut Beritaindo-news.com rangkum cara alami untuk meningkatkan daya ingatmu. Yuk, disimak!

Istirahat yang cukup

Pakar kesehatan merekomendasikan orang dewasa tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam untuk kesehatan yang optimal. Tidur membantu mengkonsolidasikan ingatan dan juga membuat tubuh lebih segar.

Kurangnya istirahat atau tidak cukup tidur juga menjadi faktor ingatan yang buruk untuk beberapa waktu. Jika kamu memiliki waktu tidur yang kurang, itu akan berdampak negatif pada memori ingatanmu. Jadi, tetap jaga pola istirahat, ya!

Latih otak dengan berbagai permainan

Melatih keterampilan kognitif dengan memainkan permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat.

Banyak permainan melatih otak yang dapat kamu lakukan, seperti teka-teki silang, permainan penarikan kata, tetris dan bahkan aplikasi seluler yang didedikasikan untuk pelatihan memori adalah cara terbaik untuk memperkuat daya ingat.

Ditambah lagi, permainan pelatihan otak telah terbukti membantu mengurangi risiko demensia pada orang dewasa yang lebih tua. Selain menyenangkan, ternyata bisa membantu mengingatkan daya ingatmu nih!

Suplemen Minyak Ikan

Cara meningkatkan daya ingat yang kedua yaitu dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Minyak ikan sendiri dikenal kaya akan asam lemak omega-3, asam eikosapentaenoat (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA).

Lemak ini penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan kecemasan, dan memperlambat penurunan mental.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen ikan dan minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua.

Baik DHA dan EPA, sangat penting untuk kesehatan dan fungsi otak, serta membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan penurunan kognitif.

 

Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

 

Tingkatkan kadar vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting yang memainkan banyak peran vital dalam tubuh. Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi ingatan.

Kekurangan vitamin D sangat umum, terutama di daerah yang beriklim dingin, dan telah dikaitkan dengan penurunan ingatan dan demensia terkait usia. Jika kamu berpikir memiliki kadar vitamin D yang rendah, segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui hal tersebut.

Selain dari suplemen vitamin D, kamu bisa mengonsumi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, ikan tuna, kuning telur, hati sapi, dan lain-lain.

Mengonsumsi coklat juga baik untuk otak

Kakao tidak hanya lezat tetapi juga bergizi, memberikan dosis antioksidan yang kuat yang disebut flavonoid. Mereka dapat membantu merangsang pertumbuhan pembuluh darah, neuron, dan meningkatkan aliran darah di bagian otak yang terlibat dengan memori.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari cokelat, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan kakao 70%, itu akan membantu memastikan mengandung sejumlah besar antioksidan seperti flavonoid.

Memilih cokelat hitam dengan 70% kakao atau lebih tinggi membantumu mendapatkan dosis antioksidan yang terkonsentrasi. Sehingga nantinya akan membantu meningkatkan daya ingat otakmu.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi gula

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Apalagi jika makan terlalu banyak gula tambahan, selain menyebabkan banyak masalah kesehatan dan penyakit kronis, juga dapat menyebabkan penurunan ingatan.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa orang yang sering mengonsumsi banyak gula tambahan mungkin memiliki ingatan yang lebih buruk dan volume otak yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi lebih sedikit gula.

Dengan mengonsumsi gula secara tidak berlebihan, tentunya membantu daya ingatmu dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Berolahraga rutin

Olahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Olahraga juga bermanfaat bagi otak dan dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang-orang dari segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan berolahraga kamu bisa meningkatkan sekresi protein pelindung saraf dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan neuron, yang mengarah pada peningkatan kesehatan otak.

Pertahankan berat badan yang sehat

Mempertahankan berat badan yang sehat sangat penting untuk kesejahteraan hidup, selain itu juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh dan pikiran dalam kondisi prima.

Beberapa penelitian telah menetapkan obesitas sebagai faktor risiko penurunan kognitif.

Obesitas juga dapat menyebabkan resistensi insulin dan peradangan, yang keduanya dapat berdampak negatif pada otak. Obesitas juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer, penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi kognitif.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu rutin melakukan olahraga dan menjaga pola hidup agar berat badan kamu tetap dalam kondisi yang sehat.

 

Bagaimana, dari cara-cara yang sudah dipaparkan apakah kamu sudah mencobanya? Yuk, coba dan buktikan sendiri untuk meningkatkan daya ingat otakmu.

 

 

Baca Juga :