Februari 26, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketika Perut Kosong Untuk Kebaikan

Beritaindo-news.com – Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketika Perut Kosong Untuk Kebaikan – Makanan yang harus dihindari saat perut kosong ketika kamu dikejar-kejar oleh aktivitas yang padat, pasti kamu akan melewatkan sarapan. Lalu lupa makan siang hingga matahari tenggelam.

Kebiasaan membiarkan perut kosong seperti ni tentu tidak baik apabila dilakukan terus menerus. Karena, akan terjadi kerusakan pada organ tubuh yaitu lambung

Setelah kerusakan terjadi maka akan muncul penyakit, seperti maag. Cobalah untuk membuang jauh kebiasaan membiarkan perut kosong. Selain itu hal lain yang perlu diketahui adalah jangan pernah mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman ini saat perut masih kosong.

Dikutip dari Berbagai sumber, berikut ini makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan ketika perut kosong.

 Kopi

Minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman dan bisa memicu sakit maag hingga gangguan pencernaan sepanjang hari. Minum kopi sebelum jam 09.30 pagi bukanlah waktu yang baik, apalagi saat baru bangun tidur.

Beberapa ilmuwan menemukan bahwa tubuh menghasilkan jumlah hormon stres kortisol yang lebih tinggi, yang membantu tetap berenergi antara pukul delapan hingga sembilan pagi.

Dengan minum kopi sebelum atau selama jam itu, kafein akan mengurangi produksi kortisol di pagi hari. Jadi bagi kebanyakan orang, waktu terbaik untuk minum kopi adalah setelah jam 09.30 pagi

Permen karet

Melansir Brightside, asam pencernaan yang dihasilkan saat kamu mengunyah permen karet dapat menghancurkan lapisan perut yang kosong. Bila dikonsumsi berlebihan, maka bisa memicu gastritis.

Selain itu, orang yang banyak mengunyah permen karet diketahui lebih menyukai makan junk food daripada buah dan sayuran.

Sebagai alternatif, pilihlah permen karet yang mengandung pemanis alami, seperti xylitol atau sorbitol yang tidak terlalu berbahaya dibandingkan dengan gula, siklamat, atau aspartam.

Tak cuma itu, pastikan kamu tidak mengunyah permen karet dalam waktu lebih dari 10 menit, bahkan dengan perut yang sudah terisi.

 Pisang

Pisang adalah salah satu panganan diet yang paling utama. Selain mampu membantu seseorang menyembuhkan sembelit, sejumlah peneliti menyebut bahwa buah ini adalah makanan yang super hebat.

Tetapi, pisang mengandung banyak magnesium dan potassium lho detikers, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar magnesium dan kalium dalam darah jika memakannya saat perut kosong.

 

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketika Perut Kosong Untuk Kebaikan

 

Yoghurt

Yoghurt adalah produk yang dibuat dari susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga keasaman lambung dan dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen di usus.

Namun, yoghurt tidak setiap saat bisa dikonsumsi. Hindari mengonsumsi ini pada saat perut sedang kosong. Karena, tingkat asam lambung yang sudah tinggi ditambah dengan konsumsi makanan ini bisa membuat organ terganggu.

Minuman Bersoda

Sudah banyak diketahui bahwa minuman bersoda merupakan musuh alami bagi perut yang tengah kosong. Kandungan asam yang cukup tinggi pada minuman ini bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti mual dan kembung ketika bercampur dengan asam lambung.

Alkohol

Minuman beralkohol merupakan salah satu pilihan minuman paling buruk ketika perut tengah kosong. Konsumsi alkohol pada waktu perut kosong bisa melukai sejumlah lapisan dalam usus kamu.

Teh

Setali tiga uang dengan kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang membuatnya juga haram dikonsumsi ketika perut tengah kosong. Kandungan asam yang tinggi dari teh ini bisa melukai lapisan perut kamu.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut tidak boleh sembrono dikonsumsi pada saat perut kosong. Pasalnya, dalam kondisi yang tak tepat, bukan tak mungkin kamu justru bakal mengalami masalah pencernaan saat mengonsumsinya.

Makanan pedas

Saat lapar dengan kondisi perut kosong, orang cenderung langsung memakan apa saja.

Padahal, salah satu menu makanan yang harus kamu hindari saat perut masih kosong adalah makanan pedas.

Sebab makanan pedas dapat mengganggu sistem pencernaan.

Food.NdTV menjelaskan, makan rempah-rempah dan cabai saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung yang menyebabkan reaksi asam dan kram.

Sayuran mentah

Yang ini khusus untuk Kamu yang sedang diet dan percaya bahwa salad sayuran itu boleh dikonsumsi kapan saja sepanjang hari. Sayuran mentah atau salad mungkin bukan yang terbaik untuk dimakan dengan perut kosong. Sayuran penuh dengan serat kasar yang dapat menambah beban saat perut kosong. Makan sayuran mentah di pagi hari saat perut kosong juga dapat menyebabkan perut kembung dan sakit perut.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut tidak boleh sembarangan dikonsumsi pada saat perut kosong. Pasalnya, dalam kondisi yang tidak tepat, bukan tidak mungkin kamu justru bakal mengalami masalah pencernaan ketika mengonsumsinya.

 

 

Baca Juga :