Januari 21, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Kebiasaan Buruk setelah Makan yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Kebiasaan Buruk setelah Makan yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Kebiasaan Buruk setelah Makan yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Beritaindo-news.com – Kebiasaan Buruk setelah Makan yang Dapat Mengganggu Kesehatan – Saat perut lapar, pastinya kamu akan merasa lemas karena tubuh tidak bertenaga bukan? Maka dari itu, makan merupakan kebutuhan pokok yang penting untuk memasok energi dan menunjang aktivitas. Akan tetapu, setelah makan dan perut terisi, tahukah kamu terdapat beberapa hal yang sebaiknya untuk tidak dilakukan?

Jika tidak mau sistem pencernaanmu terganggu, alangkah baiknya untuk tidak melakukan atau menghentikan kebiasaan berikut ini.

Mandi

Mandi setelah makan dapat mengurangi sirkulasi darah. Ketika kamu tidak memiliki sirkulasi darah yang baik, pencernaanmu akan melambat. Hal ini akan membuatmu merasa lelah, lamban, sembelit, bahkan mual.

Meskipun tidak ada penelitian modern yang mendukung pernyataan ini, sebuah teori menyatakan bahwa sirkulasi darah meningkat ketika kamu duduk saat makan, sehingga dapat memompa sistem pencernaan dan organ lainnya.

Sementara, saat kamu mandi setelah makan, fungsi alami tersebut akan terganggu dan tubuhmu harus bekerja lebih ekstra untuk mempertahankan suhu standarnya karena kamu mendinginkannya dari luar.

Hasilnya, energi yang tadinya dihabiskan untuk mengurai makanan di perut kini dialihkan ke kulit untuk menjaga suhu tubuh. Ini tentunya akan memperlambat laju pencernaan dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Kamu disarankan untuk memberi jeda untuk mandi setidaknya 35-40 menit setelah makan.

Tidur

Menurut keterangan dari MIT Medical, konsumsi makanan kecil sebelum tidur tidak selalu menyebabkan penambahan berat badan. Namun, ada alasan lainnya kenapa kamu tidak disarankan untuk langsung tidur setelah makan.

Melansir The Sleep Judge, tidur setelah makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti gastroesophageal reflux disease (GERD). Ini disebabkan oleh makanan di dalam perut kembali naik ke kerongkongan, yang memungkinkan naiknya asam lambung dan menciptakan sesasi terbakar di tenggorokan.

Tidur setelah makan menyebabkan masalah pencernaan karena kamu tidak berada dalam posisi tegak. Hal tersebut merupakan cara tubuhmu mencerna makanan.

Untuk menghindari gangguan pencernaan, lakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, duduk sambil membaca buku, atau aktivitas lain selain rebahan. Kamu disarankan untuk menunggu 2-4 jam setelah makan untuk tidur, sehingga tubuhmu punya cukup waktu untuk mencerna makanan.

Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Terutama bagi perokok aktif, hindari kebiasaan merokok setelah makan, karena menurut penelitian akan lebih berbahaya lagi jika kamu merokok setelah makan.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa merokok setelah makan dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan usus.

Melansir dari Doctor NDTV, menurut para ilmuwan satu batang rokok yang diisap setelah makan dikatakan setara dengan 10 batang rokok sekaligus. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan iritasi pada usus. Sistem pencernaan bekerja di seluruh tubuh, sedangkan nikotin akan mengikat oksigen dalam darah karena nikotin lebih mudah diserap. Para ilmuwan memperingatkan bahwa rokok setelah makan secara signifikan meningkatkan risiko kanker usus dan paru-paru.

Kebiasaan Buruk setelah Makan yang Dapat Mengganggu Kesehatan

 

Olahraga

Olahraga memang baik bagi kesehatan tubuh, tetapi berolahraga dalam kondisi kenyang malah akan membuat perutmu tidak nyaman.

Melansir Today, Dr. Daniel Vigil, seorang profesor klinis di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa bagi banyak orang berolahraga berat dalam kondisi perut yang kenyang dapat menyebabkan cegukan, mual, dan muntah.

Penelitian menunjukkan bahwa makan sebelum olahraga tidak dianjurkan. Kata Dr. Vigil, waktu terbaik untuk berolahraga adalah sebelum makan. Program nutrisi usai berolahraga dapat membantu pemulihan dan meminimalkan kerusakan otot.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam The American Journal of Physiology tahun 2017 menemukan bahwa laki-laki yang berolahraga tanpa makan sebelumnya membakar lebih banyak lemak. Namun, kalau memang harus makan, tunggulah sekitar 1-2 jam untuk selanjutnya berolahraga.

Sikat gigi

Apakah kamu termasuk orang yang suka sikat gigi sebelum atau sesudah makan? Seperti yang diketahui bahwa menyikat gigi rutinitas penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan rongga mulut. Namun, buru-buru menyikat gigi setelah makan bukanlah kebiasaan baik. Malah, kamu malah disarankan untuk menyikat gigi sebelum sarapan. Kenapa?

Ketika tidur, bakteri penyebab plak di mulut berkembang biak. Itulah alasan kenapa mulut rasanya seperti “berlumut” dan bau napas tak sedap. Nah, membersihkan bakteri tersebut dengan pasta gigi ber-fluoride bisa mengenyahkan plak dan bakteri tersebut, serta melapisi enamel dengan penghalang pelindung terhadap asam dalam makanan.

Melansir Mayo Clinic, hindari langsung menyikat gigi setelah makan, paling tidak tunggu selama 30 menit bila mengonsumsi makanan atau minuman asam. Menu sarapan seperti roti panggang, jeruk, dan kopi mengandung asam.

Minum teh

Anda lebih sering minum teh ketimbang air putih setelah makan? Bagi sebagian orang, kebiasaan ini emang sangat umum terjadi. Tapi, tahukah Anda, jika minum teh setelah makan ada efek sampingnya? Setelah makan, pencernaan Anda bekerja untuk menyerap berbagai nutrisi dan zat dari makanan yang masuk. Teh bisa mengganggu proses ini.

Sebuah penelitian menunjukkan kalau minuman yang tak berbahaya ini dapat mengganggu penyerapan zat besi dan mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh kita, jika langsung dikonsumsi setelah makan. Itu sebabnya, anak-anak, ibu hamil dan orang-orang yang menderita kurang zat besi harus menghindari minum teh setidaknya satu jam setelah makan. Sebaiknya minum air putih saja sesudah makan.

Minum Air Dingin

Tidak ada ahli gizi yang menganjurkan untuk minum es setelah makan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh makanan yang tidak dapat dicerna akibat bertemu dan menggumpalnya sari makanan dengan air es.

Sebaiknya ganti kebiasaan minum es setelah makan dengan minum air hangat. Selain menyegarkan, minum air hangat dapat membantu penyerapan sari-sari makanan lebih baik.

Makan buah manis

Kebiasaan makan kebanyakan orang biasanya diawali dengan makan berat, kemudian diakhiri dengan makan buah. Kebiasaan ini pun pada dasarnya masih menimbulkan pro dan kontra. Namun, pada dasarnya buah bisa dimakan kapan saja, entah itu sebelum makan maupun setelah makan.Hanya saja, Anda harus tetap memperhatikan porsi buah yang Anda makan setelah makan. Buah-buahan meskipun enak dan sehat tetap mengandung kalori dan gula.

Di sisi lain, untuk beberapa orang, makan buah segera setelah makan bisa menyebabkan perut kembung. Jadi, sebaiknya jika Anda ingin makan buah setelah makan, beri jeda terlebih dahulu kira-kira dua jam. Tujuannya agar kadar kalori dan gula yang dikonsumsi tidak melebihi yang dibakar oleh sistem metabolisme menjadi sumber energi.

Jadi, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, jangan lagi melakukan hal-hal di atas setelah makan, ya. ^^

Baca Juga :