Januari 21, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mencegah Sembelit

Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mencegah Sembelit

Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mencegah Sembelit

Beritaindo-news.com – Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mencegah Sembelit – Sudah duduk lama, tetapi tinja tapi tidak dikeluarkan. Ini adalah merupakan tanda sembelit atau konstipasi, dan keluhan ini sangat umum terjadi.

Gejala-Gejala sembelit meliputi:

  • Mengejan saat buang air besar (BAB)
  • Rasa tak tuntas setelah BAB
  • Tinja kering, keras, atau bergumpal
  • Terasa ada yang mengganjal di rektum
  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Perlu bantuan untuk mengeluarkan tinja (misalnya menggunakan jari untuk mengeluarkan tinja

Terdapat beberapa faktor kenapa kamu dapat mengalami susah buang air besar (BAB). Mulai dari masalah pada saluran pencernaan, pola makan rendah serat, hingga malas bergerak. Bila dibiarkan, maka bisa mengakibatkan beberapa komplikasi seperti wasir atau ambeien, pembengkakan dinding anus, hingga luka di lapisan anus (fisura ani).

Sebagai solusi, sudah banyak obat pencahar atau laksatif yang bisa mengatasi sembelit. Namun, baiknya coba dulu cara alami yang aman, yaitu dengan mengonsumsi 15 makanan dan minuman berikut ini untuk melancarkan kembali pencernaan. Catat, ya!

Plum

Buah plum dan jus plum adalah obat rumahan yang telah diuji untuk mengobati sembelit. Plum mengandung banyak serat, yang merupakan nutrisi yang dikenal dapat meringankan dan mempercepat buang air besar.

Tak hanya itu saja, buah ini juga memiliki kandungan senyawa sorbitol dan fenolik yang memiliki manfaat untuk pencernaan.

Ubi

Kaya vitamin dan mineral, kandungan serat pada ubi juga tidak kalah banyak! Satu ubi ukuran medium (150 gram) mengandung sekitar 4 gram serat, yang mayoritasnya adalah serat tidak larut seperti selulosa, lignin, dan pektin, sehingga dapat melancarkan BAB.

Biji Chia

Sebanyak 28 gram biji chia mengandung 8 gram serat. Salah satu bahan makanan padat serat, 40 persen berat chia seed adalah serat! Serat larut dalam biji chia dapat menyerap air (hingga 15 kali beratnya!) untuk membentuk gel pada saluran pencernaan agar tinja bisa lancar keluar.

 

Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mencegah Sembelit

 

Alpukat

Sering dijadikan isian es campur hingga jus, alpukat juga kaya akan serat. Dengan porsi satu mangkuk (146 gram) saja, kamu bisa dapatkan 10 gram serat, larut dan tidak larut! Bagus untuk diet, selain melancarkan pencernaan, alpukat membuatmu tidak mudah lapar, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan

Bukan rahasia bahwa kacang-kacangan memiliki kandungan serat (larut dan tidak larut) yang tinggi. Sementara serat larut melancarkan pencernaan, serat tidak larut menambah kepadatan tinja. Digabungkan, serat pada kacang tidak hanya membasmi sembelit, tetapi juga sensasi begah.

Dengan takaran satu mangkuk (berat satu mangkuk kacang dapat bervariasi), berikut adalah beberapa kacang-kacangan yang kaya akan serat gabungan:

  • Kacang Arab atau chickpeas: 164 gram (12,5 gram serat);
  • Kacang polong: 160 gram (8,8 gram serat);
  • Kacang merah: 256 gram (13,6 gram serat);
  • Kacang hitam: 172 gram (15 gram serat);
  • Kacang kedelai: 172 gram (10,3 gram serat);
  • Kacang pinto: 171 gram (15,4 gram serat);
  • Kacang tanah: 73 gram (5,9 gram serat).

Pir

Pir kaya akan serat. Satu buah pir ukuran medium (178 gram) mengandung 6 gram serat, mencukupi 16 dan 25 persen kebutuhan serat harian laki-laki dan perempuan. Sama seperti apel, selain sorbitol, buah pir juga mengandung fruktosa, gula yang diserap tubuh secara terbatas. Sorbitol dan sisa fruktosa menarik air ke pencernaan, sehingga kamu bebas sembelit.

Apel

Satu buah apel seberat 149 gram saja mengandung 3,6 gram serat (rekomendasi serat menurut WHO adalah 25-29 gram serat per hari). Apel juga mengandung serat larut pektin yang berperan sebagai pencahar alami.

Pepaya

Terdapat kandungan bernama papain dalam buah pepaya. Papain membantu melumatkan makanan dan menyerap nutrisi dalam tubuh. Kandungan serat yang banyak pada pepaya juga dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan.

Sayuran Hijau

Mengutip Healthline, sayuran hijau seperti bayam, kubis dan brokoli bukan hanya kaya akan serat namun juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K dan folat. Sayuran hijau dapat membantu mendorong kotoran untuk lebih mudah keluar dari usus.

Yoghurt

Probiotik bakteri yang terkandung pada yoghurt berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Bakteri bersahabat itu membuat proses pencernaan lancar dan tidak terganggu.

Namun, hindari mengonsumsi yoghurt yang mengandung banyak gula ya. Lebih baik konsumsi plain yogurt alias tanpa rasa

Jika kamu sudah mencoba untuk mengobati sembelit dengan makanan untuk mengatasi sembelit namun sembelit masih terjadi, sebaiknya segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sehingga dapat terhindar dari masalah serius.

Baca Juga :