Juli 28, 2021

Berita Update

Beritaindo-news.com | Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Dirlantas Polda Metro Mengeluarkan Larang Pengawalan Konvoi Moge dan Mobil Mewah

Dirlantas Polda Metro Mengeluarkan Larang Pengawalan Konvoi Moge dan Mobil Mewah

Dirlantas Polda Metro Mengeluarkan Larang Pengawalan Konvoi Moge dan Mobil Mewah

Beritaindo – Dirlantas Polda Metro Mengeluarkan Larang Pengawalan Konvoi Moge dan Mobil Mewah – Ditlantas (Direktorat Lalu Lintas) Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo mengeluarkan kebijakan terkait mengawal rombongan motor gede (moge), mobil mewah, hingga pesepeda yang hendak berkegiatan konvoi kepada seluruh jajarannya. Kebijakan ini sudah diterapkan sejak Februari 2021.

salah satu alasan mengeluarkan kebijakan ini adalah untuk saling menjaga perasaan sesama pengendara. Tak bisa diabaikan, menurut Sambodo pengawalan dapat memicu rasa cemburu.

“Kami dari Polda Metro Jaya sendiri sudah melarang anggota saya untuk mengawal moge, mengawal motor, mobil mewah dan pesepeda. Hal ini karena pengawalan yang dilakukan polisi ini sering menimbulkan kecemburuan masyarakat,” jelas Sambodo di Mabes Polri, Senin (15/3/2021).

Dikarenakan dalam melakukan pengawalan tersebut, terkadang aparat kepolisian yang bertugas selalu harus memberikan prioritas utama dari pengguna jalan lainnya kepada mereka yang mendapatkan pengawalan.

Dirlantas Polda Metro Mengeluarkan Larang Pengawalan Konvoi Moge dan Mobil Mewah

Pengawalan polisi atas kendaraan sipil masih tetap bisa dilakukan, namun sesuai ketentuan yang berdasarkan keputusan Mabes Polri. “Seperti pada acara resmi penyelenggaraan olahraga masih diizinkan,” tambannya

Ada tujuh jenis rangkaian hak yang bisa mendapat pengawal, dan punya hak prioritas atas pengawalan tersebut.

“Begini, pengawalan itu ada tujuh jenis rangkaian punya hak dikawal, dan punya hak prioritas. Sedangkan untuk pengawalan itu, dan kita hentikan kendaraan orang lain, yang berhak hentikan kendaraan orang lain itu hanyalah Polri. Jadi, memang sebetulnya itu intinya, yang berhak Polri,” tegas Kombes Pol Sambodo.

Larangan pengawalan itu diterapkan ke seluruh kegiatan. Meskipun ada beberapa hal yang memang diberikan pengecualian khusus dengan alasan kepentingan.

“Kegiatan apapun, kecuali untuk memang mereka kegiatan olahraga ada event olahraga, yang memang itu atlet ya itu kami kawal,” sambung Sambodo.

Aturan soal pengawalan itu sendiri sejatinya diatur dalam UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Aturan itu tercantum dalam Pasal 134 dan pasal 135.

Baca juga : Kesalahan AC Milan Saat Di Bungkam Napoli